National Media Nusantara
Covid-19Pemkot Bontang

Vaksin Penting untuk Menekan Penularan Penyakit

Bontang,Natmed.id – Kasi Survailens Dinas Kesehatan Bontang Adi Permana mengatakan bahwa suntik vaksin tidak bisa dijadikan dasar manusia aman dari risiko terinfeksi bahkan kematian.

“Kan reaksi di setiap orang yang sudah divaksin berbeda- beda,” kata Adi Permana usai kegiatan rapat Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 di Pendopo Rumah Jabatan Wali Kota Bontang, Selasa (3/8/2021) sore.

Lebih jauh, Adi membeberkan suntik vaksin dosis pertama tidak serta merta tubuhnya kebal terhadap paparan Covid-19. Akan tetapi, vaksinasi Covid-19 hanya berfungsi membentuk sistem kekebalan tubuh guna menekan angka penularan Sars-Cov2.

“Fungsi vaksin menekan keparahan, dengan adanya vaksin mengurangi angka keparahan sakit,” terangnya.

Tidak hanya itu, Adi juga mengatakan saat ini vaksin pertama tidak seimbang dengan dosis kedua selisih 10 persen. Perlu diketahui vaksin dosis pertama lebih banyak 29,7 persen, sementara vaksin kedua hanya capai sekitar 20 persen.

“Tidak seimbangnya vaksin pertama dan kedua, karena jumlah yang disalurkan dari pusat masih kurang. Maka dosis kedua jadi ketinggalan” tandasnya.

Related posts

Basri Tegas Berantas Pungli

Aditya Lesmana

Bantuan Tunai dan Beras Bulog Disalurkan

Febiana

Aturan Naik Transportasi Umum Tak Perlu Tes PCR Belum Berlaku di Bontang

Aditya Lesmana