National Media Nusantara
Diskominfo Kutim

Dera Fiorentina Raih Juara di Ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia

Dera Fiorentina Raih Juara di Ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia

Kutim, Natmed.id – Agatha Dera Fiorentina berhasil mengharumkan nama Kalimantan Timur (Kaltim) di kancah nasional. Putri asal Kutai Timur (Kutim) ini berhasil menyabet juara kategori Photogenic dalam ajang Pemilihan Putra Putri Budaya Indonesia tahun 2023 di Provinsi Bengkulu pada 31 Oktober lalu.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kutim Padliansyah mengatakan bahwa raihan prestasi yang diraih Dera tidak semudah membalikkan telapak tangan. Proses panjang harus dilalui dalam kompetisi tersebut. Tahapan itu dimulai dari seleksi yang ketat di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kaltim.

“Para peserta telah mendapatkan pelatihan dan pembekalan pengetahuan selama setahun sebelum berkompetisi di Bengkulu,” ungkapnya belum lama ini.

Dalam ajang di Bengkulu selama lima hari, Dera berpasangan dengan perwakilan Kabupaten Paser Rohman Hidayat. Selain kontes, Duta Budaya Kaltim juga memamerkan kekayaan budaya daerah, termasuk batik wastra dari Kutim, busana khas Paser, dan pakaian adat Dayak.

“Kami mendapat apresiasi yang menggembirakan dari hadirin dan peserta selama acara berlangsung,” tambahnya.

Prestasi yang diraih menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kutim. Ucapan ucapan terima kasih juga disampaikan kepada semua pihak yang turut mendukung kesuksesan ini.

Sementara itu, Direktur Nasional Putra-Putri Budaya Indonesia Reko Serasi menekankan bahwa tujuan ajang ini adalah mencari pemuda yang berintegritas, berpikir kritis, dan kreatif. Serta mampu memotivasi generasi muda dalam melestarikan budaya dan mendukung program kebudayaan pemerintah.

Raihan Dera merupakan inspirasi bagi pemuda lain dalam melestarikan budaya dan memberikan kontribusi pada kemajuan kebudayaan di tingkat nasional.

Related posts

Bentuk Center Bencana, Disdamkar Samarinda Mendapat Dukungan Dewan 

natmed

Kenalkan Topeng Kutai dan Dukung UMKM Melalui FTN 2023

Intan

Anggaran Beasiswa Pendidikan di Kutim 2023 Hingga Rp21 Miliar

Aminah