Jakarta, Natmed.id – Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur (Cagub dan Cawagub Kaltim) nomor urut 2, Rudy Mas’ud-Seno Aji memaparkan rencana peningkatan aksesibilitas pelayanan publik melalui aplikasi inovatif bernama “Satu Akses Kalimantan Timur” atau SAKTI yang mereka usung.
Dalam debat publik kedua Pemilihan Gubernur Kalimantan Timur 2024, Rudy Mas’ud, menjelaskan bahwa ide itu berangkat dari pengalamannya mendengarkan berbagai keluhan masyarakat yang kesulitan mendapatkan akses layanan dasar.
Ia lantas menceritakan pengalaman seorang perempuan yang ditemuinya di Kutai Barat beberapa waktu lalu. Ibu itu kehilangan keluarganya akibat lambatnya akses layanan kesehatan di daerah terpencil.
“Kisah-kisah seperti inilah yang mendorong kami untuk mencari solusi konkret. Kami ingin memastikan bahwa pemerintah hadir lebih dekat dan sigap dalam memenuhi kebutuhan rakyat,” ujar Rudy dalam acara debat yang berlangsung di Jakarta dan disiarkan oleh CNN dan dapat ditonton di kanal YouTube KPU Kaltim, Minggu (3/11/2024) malam.
Selain itu, Rudy juga menyoroti pentingnya menyediakan platform yang memudahkan warga untuk melaporkan berbagai kondisi darurat.
Hal ini seperti kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kondisi jalan yang rusak, hingga ancaman bencana alam.
Dengan aplikasi SAKTI, warga yang tinggal di pelosok Kaltim pun akan memiliki akses langsung untuk menyampaikan keluhannya kepada pemerintah.
Cawagub Seno Aji yang berpengalaman di DPRD Kaltim menyebut aplikasi ini sebagai terobosan untuk memberdayakan kelompok masyarakat rentan, seperti fakir miskin dan penyandang disabilitas. Selain itu, memperkuat kolaborasi antara pemerintah provinsi dengan kabupaten dan kota.
“Kami percaya, dengan birokrasi yang lebih efisien dan responsif, aplikasi ini mampu mendorong penurunan angka kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kaltim,” kata Seno.
Pasangan Rudy-Seno menegaskan mereka bertekad melakukan reformasi yang akan dirasakan langsung oleh masyarakat. Aplikasi SAKTI, menurutnya, menjadi jembatan untuk mewujudkan pelayanan yang