National Media Nusantara
Politik

Perketat Pengawasan Pilkada, Bawaslu RI Gandeng Media Lokal

Samarinda, Natmed.id– Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) menggelar acara konsolidasi media di Setiap Hari Coffee, Jalan Ir. H. Juanda, Samarinda, Selasa (30/7/2024) malam.

Acara ini bertujuan, memperkuat pengawasan tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak 2024 di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dalam sambutannya, Ahmad Ali Imro, Sub Koordinator Bagian Humas dan Media Massa Bawaslu RI, menjelaskan konsolidasi ini memiliki arti penting untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas Pilkada.

“Kegiatan ini bertujuan memperkuat pemberitaan dan memberikan pemahaman yang lebih baik kepada masyarakat mengenai tahapan pemilihan,” ujarnya.

Untuk mencapai tujuan itu, Bawaslu telah membentuk koalisi pewarta Pilkada dan mengadakan forum diskusi publik dalam rangka meningkatkan integritas Pilkada.

“Kami berharap konsolidasi ini dapat menciptakan lingkungan informasi yang sehat dan mendukung proses Pilkada,” tambahnya.

Ketua Bawaslu Kaltim Hari Darmanto menekankan peran vital media dalam pengawasan Pilkada. “Walaupun belum banyak laporan signifikan, kami tetap waspada terhadap isu dukungan politik yang tidak semestinya,” ungkapnya.

Hari juga mengingatkan pengalaman Pilkada sebelumnya yang menunjukkan adanya ketegangan dan dugaan pelanggaran. “Laporan dugaan politik uang dan pelanggaran lainnya sering terjadi,” katanya.

Acara ini juga melibatkan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu Kaltim dan Universitas 17 Agustus Samarinda. Nota kesepahaman ini bertujuan memperluas partisipasi dan dukungan dalam pengawasan Pilkada serta meningkatkan kesadaran publik.

“Kerja sama ini akan membantu dalam pengawasan dan memastikan transparansi Pilkada,” ujar Hari.

 

Related posts

Dana Pengamanan Rp5,7 Miliar, Polres Bontang Siap Amankan Pilkada 2020

natmed

DPRD Bontang Usulkan Perda Anak Jalanan

natmed

Mahyudin Daftar Bacagub, Partai Gerindra Kaltim: Tokoh Muda yang Luar Biasa

Irawati