Reporter: Emmi – Editor: Redaksi
Bontang, Natmed.id – Pelayanan publik di Unit Pelayanan Teknis (UPT), PPI Tanjung Limau, Kota Bontang, masih tetap berjalan seperti biasanya.
Kepala UPT PPI Tanjung Limau, Robyasai Manassa Mallisa, Senin (6/4/2020), mengatakan ini dilakukan karena sulit apabila pelayanan tidak dilakukan secara langsung. Setiap hari instansi tersebut menerbitkan sejumlah perizinan penting bagi nelayan.
Misalnya masyarakat ingin menerbitkan surat izin berlayar bagi kapal yang akan berlabuh di pelabuhan Tanjung Limau. Rekomendasi membeli solar bagi nelayan setempat. Mengeluarkan surat laik operasi perikanan.
“Sulit kalau tidak melayani secara langsung. Apalagi beberapa perizinan dibutuhkan cepat,” tandasnya.
Pelayanan berjalan seperti biasanya. Namun, UPT PPI Tanjung Limau tetap menerapkan aturan dan standar kesehatan, guna mengantisipasi penyebaran Covid-19. Misalnya pengunjung wajib mencuci tangan sebelum memasuki kantor.
Untuk menghindari antrean, petugas hanya melayani satu dua orang saja, di dalam ruangan hingga selesai. “Tentunya antisipasi tetap kami jalankan. Lagi pula, kantor kami tidak seramai pelayanan lain. Misalnya kayak Disduktcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Red.),’’ ucapnya.
Pelayanan di UPT PPI Tanjung Limau dibuka setiap hari Senin-Jumat. Pukul 08.00-15.00 Wita. Pelayanan dilakukan oleh 21 staf terbagi bidang pengumpulan data. Pengolahan data, hingga administrator harian.