National Media Nusantara
DPRD BontangPolitik

IMM Sebut Air Voidnya Layak Konsumsi, Dewan Masih akan Mengkaji

Reporter: Emmi – Editor: Redaksi

Bontang, Natmed.id – Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina mengungkapkan bahwa rencana pemanfaatan void (lubang bekas tambang) PT Indominco Mandiri (IMM) sebagai air baku konsumsi masih dalam tahap pengkajian.

Hal tersebut diungkapkan saat diwawancarai di Bontang Kuala, usai memberikan bantuan kepada korban musibah kebakaran di Kelurahan Bontang Kuala. Rabu (14/10/2020).

“Nantilah, kita masih kaji itu,” ucapnya.

Dikatakan Amir Tosina bahwa melihat analisa Dinas Lingkungan Hidup (DLH) yang dijelaskan saat rapat kerja bersama Komisi III pada Senin (12/10/2020) lalu, ternyata air baku bawah tanah di Bontang saat ini sudah sangat kritis.

Selanjutnya, Amir menyebutkan, bahwa nantinya pihak DLH akan berkooardinasi dengan pihak terkait guna percepatan pemanfaatan void.
Tak hanya itu, rencana pemanfaatan void tersebut akan dianggarkan tahun 2021, lantaran kebutuhan air merupakan salah satu kebutuhan utama untuk kelangsungan hidup bersama.

“Sudah diusulkan untuk dianggarkan tahun depan,” ungkap politikus Gerindra ini.

Ia menambahkan saat kunjungan kerja Komisi III belum lama ini, pihak IMM menegaskan bahwa kandungan air void mereka layak untuk dikonsumsi.

“Menurut PT IMM air dari lubang bekas tambang mereka layak untuk bahan baku mutu dan konsumsi,” sebut Amir Tosina.

Selain itu, hasil kajian yang dilakukan PDAM Tirta Taman Bontang juga menyatakan bahwa air void itu layak dikonsumsi. Hasil kajian yang dilaporkan ke Komisi III dari PDAM itu tentunya juga menjadi faktor pendukung untuk merealisasikan rencana tersebut.

“Kalau PDAM sudah jelas menyatakan layak. Hasil kajiannya sudah kami terima. Nanti kita buka datanya ke publik terkait kandungan air di sana,” pungkasnya.

Related posts

Waspada Virus Corona, Rusman Ya’qub : Minta Tim Khusus Berikan Pengawasan Terhadap WNA

natmed

Faiz Ingatkan Pemkot Segera Berikan Bantuan Kepada Relawan Garda Isoman

Aditya Lesmana

Abdul Samad Nilai Rencana Peningkatan Jalan di Kelurahan Belimbing Kurang Tepat Sasaran

natmed

Leave a Comment