National Media Nusantara
Pemerintahan

Dukung Ekosistem Digital, Mandiri Digital Service Diluncurkan di IKN

Mandiri Digital

Panajam Paser Utara, Natmed.id– PT Bank Mandiri (Persero) Tbk berkomitmen mendukung pertumbuhan ekonomi sebagai agen pembangunan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Wujud dari dukungan itu dengan diluncurkannya Mandiri Digital Services, Kamis (29/2/2024).

Acara groundbreaking ini disaksikan oleh Presiden Joko Widodo, bersama dengan jajaran menteri, , pemerintah provinsi Kalimantan Timur, dan Otorita IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Dalam sambutannya, Presiden Joko Widodo mengapresiasi inisiatif Bank Mandiri dalam membangun kantor berbasis digital yang dapat melayani kebutuhan masyarakat.

“Saya senang Bank Mandiri segera akan memulai pembangunan kantor khusus untuk Digital Services,” ujar Presiden, sambil menambahkan bahwa Livin’ by Mandiri saat ini telah memiliki 23 juta pengguna.

Presiden juga menyatakan harapannya bahwa inisiatif ini akan mendorong pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia.

“Bayangan saya, kalau ekosistem digital yang ada di sini sudah terbangun akan mendatangkan digital nomad yang ada di Nusantara kita. Maka kota ini akan beda dengan kota-kota lain di dunia,” tambahnya.

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi mengungkapkan bahwa layanan Digital Services Bank Mandiri akan segera hadir di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) sebagai bagian dari kemitraan strategis dengan Infrastruktur Kawasan Nusantara (IKN).

“Kawasan ini adalah lokasi yang sangat strategis dan representatif bagi lembaga negara dan swasta.” ujarnya.

Bangunan Kantor Bank Mandiri akan didesain dengan konsep hijau dan berbasis digital, sejalan dengan visi IKN sebagai kota cerdas dan berkelanjutan.

“Kami berharap kehadiran Mandiri Digital Services di IKN akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan ekonomi dan sosial di kawasan ini. Terutama dalam proses transisi dari ibu kota saat ini,” tambahnya.

Bank Mandiri juga berkomitmen untuk mengembangkan ekosistem jasa keuangan di IKN, bekerja sama dengan lembaga negara dan swasta lainnya.

Rencananya, Mandiri Digital Services akan memiliki dua lantai dengan luas bangunan sekitar 2.000 m2, dengan desain yang mencerminkan keselarasan dengan lingkungan asri di Ibu Kota Nusantara.

Selain itu, Bank Mandiri akan membawa tiga inovasi digital unggulan ke IKN, yaitu Super App Livin’ by Mandiri, Wholesale Super Platform Kopra by Mandiri, dan Smart Branch by Mandiri, untuk memenuhi kebutuhan finansial masyarakat.

Livin’ by Mandiri telah mencatat lebih dari 18.000 transaksi per detik, sementara Kopra by Mandiri mampu memproses lebih dari Rp 1.900 triliun transaksi per detik hingga akhir 2023.

“Dengan kehadiran Livin’ dan Kopra by Mandiri, masyarakat maupun nasabah kini dapat membuka rekening tabungan, giro, deposito, dan melakukan transaksi finansial nontunai untuk individu atau badan usaha, kapan saja dan di mana saja,” pungkasnya

Mandiri Digital Services akan dibangun di atas lahan seluas 1,28 Hektar dan akan menjadi pelopor one-stop-financial solution di IKN.

Selain itu, fasilitas seperti Smart Priority Lounge, Co-working Space, dan SPKLU akan mendukung segala aktivitas masyarakat di IKN. Nasabah juga dapat menggunakan fitur e-Reservation untuk membuat janji kunjungan melalui Smart Branch by Mandiri.

Bank Mandiri juga akan menyediakan layanan offline melalui Point of Service yang tersebar di beberapa lokasi di IKN, termasuk Kantor Cabang di Sepaku dan Penajam Paser Utara, Livin’ Corner di Hunian Pekerja Konstruksi (HPK), dan Agen Branchless Banking di sekitar wilayah IKN.

Lebih lanjut, Bank Mandiri akan memberdayakan bisnis UMKM di IKN dan wilayah sekitarnya dengan menghadirkan Livin’ Merchant sebagai sarana pembayaran dan pembukuan digital.

Proses pembangunan juga akan mendukung industri dalam negeri dengan penggunaan material lokal dan ramah lingkungan.

Nota kesepahaman sebelumnya antara Bank Mandiri dan Otorita IKN, yang ditandatangani pada pertengahan 2023, merupakan landasan awal untuk kerja sama lebih lanjut.

Hal ini termasuk kerja sama pembayaran payroll, penerbitan kartu kredit pemerintah, dan e-Money Co-branding sebagai Kartu Identitas Pegawai OIKN.

Related posts

Bontang Musim Paceklik Ikan, Tiga Tahun Terakhir Produksi Meningkat

natmed

Pemkab Kutim Bantu Kendaraan Untuk Forkopimda 

Muhammad

Sediakan Spesialis Ortopedi, dr. I Wayan Santika: Masyarakat Bontang, Tidak Perlu Lagi Ke Samarinda

natmed