National Media Nusantara
DPRD Samarinda

30 Persen Golput Pada Pemilu 2019 Diharapkan Tidak Terulang

Ahmat Sopian Noor

Samarinda,Natmed.id – Rendahnya angka golongan putih (golput) dalam pemilihan umum (Pemilu) 2024 menjadi harapan banyak pihak. Salah satunya, anggota Komisi IV DPRD Kota Samarinda Ahmat Sopian Noor.

Politikus Partai Golkar ini mengaku telah melakukan sejumlah upaya. Selain memberikan himbauan, ia juga berkomitmen terus melakukan sosialisasi tentang pentingnya berpartisipasi dalam pemilu kepada warga. Langkah ini terutama melalui Komisi IV DPRD.

Ia juga mengajak warga turut serta dalam proses demokrasi. Caranya dengan datang ke tempat pemungutan suara (TPS) untuk memilih calon pemimpin dan calon wakil rakyat sesuai hati nurani masing-masing.

“Dengan memastikan pemahaman hak dan kewajiban dalam pemilu, kami berharap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan mengurangi tingkat golput,” ujarnya, Sabtu (3/2/2024).

Dalam pemilu mendatang, angka partisipasi pemilih di Samarinda diharapkan mampu mencapai 90 persen.

Dengan demikian, tingkat golput hingga sekitar 30 persen atau 173.065 daftar pemilih tetap (DPT) yang terjadi pada Pemilu 2019 tidak terulang. Harapan itu dinyatakannya menjadi bagian dari doa yang dipanjatkan agar pelaksanaan pemilu aman dan lancar.

Wakil Ketua Fraksi Golkar DPRD Samarinda ini menekankan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam proses demokrasi.

Menurutnya, pemilu sebagai momen penting untuk menentukan arah bangsa. Maka, semua warga negara diharapkan untuk menggunakan hak pilihnya.

“Partisipasi aktif dalam pemilu merupakan tanggung jawab bersama sebagai warga negara yang cerdas dan bertanggung jawab,” ujar Sopian.

Related posts

Komisi I Minta Pemprov Segera Bayar Lahan Transmigran Palaran

Phandu

Masa Jabatan Wali Kota yang Segera Berakhir Bukan Hambatan Penyelesaian Proyek

Irawati

Puji Sebut Tenaga Kerja Samarinda Belum Terserap Maksimal

Muhammad