National Media Nusantara
Kanwil Hukum dan HAM Kaltim

Yasonna Laoly Membentuk Arah Baru untuk Kerja Sama Hukum Asia Afrika

Yasonna Laoly Presiden The 61st AALCO Annual Session

Bali, Natmed.id – Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Indonesia Yasonna Laoly terpilih sebagai Presiden Sesi Tahunan ke-61 dari Asia Africa Legal Consultative Organization (AALCO) dalam inagurasi yang berlangsung dengan meriah.

Yasonna Laoly akan memimpin persidangan AALCO selama 5 hari ke depan, menghadirkan momen bersejarah bagi Indonesia, salah satu negara pendiri AALCO, yang juga menjadi tuan rumah penyelenggaraan forum internasional ini.

Penyerahan kedudukan Presiden AALCO ini dilakukan oleh mantan Presiden Sesi Tahunan ke-60 Uma Shekar, yang memimpin persidangan sebelumnya di India.

“Ini merupakan kehormatan bagi Indonesia untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Sesi Tahunan AALCO ke-61 yang menjadi yang ketiga kalinya bagi Indonesia sebagai tuan rumah,” ujar Yasonna Senin (16/10/23)

Asia Africa Legal Consultative Organization (AALCO) menggelar sesi tahunannya yang ke-61, yang akan membahas agenda-agenda yang telah dijelajahi dalam sesi-sesi tahun sebelumnya, serta usulan-usulan baru dari negara-negara anggota AALCO.

Selaku tuan rumah, Indonesia aktif mengajukan usulan agenda baru terkait pembentukan Asset Recovery Expert Forum antara negara-negara Asia Afrika.

Selain itu, Indonesia juga mendorong pembahasan isu illegal fishing dalam Sesi Tahunan AALCO tahun ini dengan harapan bahwa isu ini dapat menjadi perhatian bersama negara-negara Asia Afrika dan dapat diakui sebagai kejahatan transnasional yang terorganisir.

AALCO lahir dari pertemuan bersejarah Konferensi Tingkat Tinggi Asia Afrika yang diselenggarakan pada tahun 1955 di Bandung, bertujuan untuk membahas isu hukum dan merumuskan pandangan bersama yang dapat diwujudkan dalam berbagai pertemuan internasional, termasuk di PBB.

“Sudah waktunya bagi kita untuk tidak hanya membahas masalah-masalah hukum, namun juga merefleksikan hasil Konferensi Asia-Afrika beserta prinsip-prinsipnya agar terus memandu upaya bersama kita. Sesi tahunan ini adalah bukti komitmen kita terhadap visi Asia dan Afrika, bekerja bersama untuk masa depan yang lebih baik,” tegas Yosanna.

Related posts

Gun Gun Gunawan Dilantik jadi Anggota Pengawas Notaris Periode 2024-2027

ericka

Pesan Kakanwil Kepada 35 CPNS Kemenkumham Kaltim

Sukri

Menuju Zona Integritas 2024, Kemenkumham Kaltim Gelar Penandatanganan Komitmen Bersama

Aminah