National Media Nusantara
Pemerintahan

BPBD Samarinda Bantu Perlengkapan Kesehatan ke Relawan EMT-ITS

Samarinda, Natmed.id– Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Samarinda memberikan bantuan perlengkapan kesehatan habis pakai kepada Emergency Medical Team (EMT) – Info Taruna Samarinda (ITS).

Penyerahan tersebut digelar pada Selasa (18/1/2022) di halaman Kantor BPBD Kota Samarinda Jalan Sentosa Dalam.

Koordinator EMT-ITS Joko Iswanto mengatakan dirinya mengapresiasi langkah BPBD tersebut.

“Saya berharap warga tidak segan-segan jika memerlukan unit ambulan. Telepon saja ke 112 atau ke 110, insyaallah dalam waktu yang tidak lama ambulan relawan terdekat akan merapat sesuai alamat,” ungkap Jokis sapaan akrabnya kepada awak media, Selasa (18/1/2022).

Menurut Jokis unit ambulan anggota EMT-ITS tidak hanya melayani warga dalam kota, namun melayani warga masyarakat misalnya pengantaran jenazah ke luar Kaltim.

Awalnya, dalam melaksanakan kegiatan Relawan Ambulan EMT-ITS Kota Samarinda menggunakan perlengkapan dan peralatan seadanya. Dirinya berpendapat pantang surut membantu warga masyarakat Samarinda yang memerlukan bantuan.

“Perlengkapan yang dimiliki kawan-kawan relawan ambulan ini sangat terbatas, untuk pengadaan perlengkapan seperti sarung tangan latek, baju hazmat, masker medis terkendala karena keterbatasan para relawan untuk membelinya. Menyikapi ini kami dari EMT-ITS berusaha memohon kepada stakeholder dan Alhamdulillah dari kantor BPBD Kota Samarinda meresponnya,” jelas Jokis.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Pelaksana BPBD Kota Samarinda Suwarso diwakili Plh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Samarinda Iskandar kepada Ketua ITS Joko Iswanto.

Kemudian dilanjutkan penyerahan secara simbolis dari Ketua ITS kepada relawan ambulan seperti kepada Relawan Ambulan PWI Kaltim Peduli diterima Usamah Bima Shafa, Relawan Ambulan Satria diterima Asnari, Relawan Ambulan Orca diterima Fardianto dan Relawan Ambulan Sungai Lais diterima Fardianto.

Bantuan BPBD Kota Samarinda ke Relawan Ambulance ITS berupa baju hazmat 3 dus (120 lembar), 40 kotak masker medis (2.000 lembar), 160 kotak sarung tangan latek, 31 buah kacamata google dan 31 pasang sepatu karet.

“Dari bantuan ini nanti kita distribusikan kepada kawan-kawan relawan, yang hingga saat ini anggota EMT-ITS berjumlah 31 tim yang tersebar di Kota Samarinda,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kota Samarinda Suwarso melalui Plh Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Samarinda Mohd Iskandarmengungkapkan bahwa relawan ambulan ini adalah mitra dari BPBD. Sehingga keperluannya akan berusaha disupport dalam melaksanakan tugas kemanusiaan dengan aman.

“Kita bantu dari stok yang ada dulu, minimal membantu kawan-kawan dalam proteksi diri selama melaksanakan tugas kemanusian. Jangan sampai niat membantu justru menjadi korban, misalnya tertular penyakit,” jelas Iskandar.

Related posts

Menghindari Penyakit, Domba Diperiksa Puskeswan Bontang

natmed

Presiden Tinjau Vaksin Massal di SMP Negeri 22

Febiana

RSUD Taman Husada Bontang Isolasi Pasien Positif Covid-19

natmed