Samarinda, Natmed.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Timur (Kakanwil Kemenkumham Kaltim) Gun Gun Gunawan menerima apresiasi dari Komisi Informasi (KI) Provinsi Kaltim atas pencapaian dalam mewujudkan keterbukaan informasi publik.
Komisioner KI Provinsi Kaltim Erni Wahyuni menyatakan bahwa langkah Kanwil Kemenkumham Kaltim itu dapat dicontoh oleh institusi lain dalam penerapan keterbukaan informasi publik (KIP).
“Pihak Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim telah memberikan contoh yang baik dalam menerapkan keterbukaan informasi publik,” katanya dalam pertemuan yang berlangsung di aula Kanwil Kemenkumham Kaltim, Rabu (6/12/2023).
“Ini merupakan langkah positif dalam membangun pemerintahan yang bersih, transparan, dan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat,” sambungnya.
Sementara, Kakanwil Kemenkumham Kaltim Gun Gun Gunawan menjelaskan tentang sejumlah langkah yang dilaksanakan dalam penerapan KIP.
Ia menyatakan bahwa sejumlah informasi publik telah dipublikasikan melalui media resmi, seperti situs website resmi dan sosial media Kanwil Kemenkumham Kaltim.
“Kami berusaha secara aktif dan optimal melakukan upaya keterbukaan informasi publik dengan menyediakan akses informasi melalui berbagai kanal resmi,” ujar Gun Gun Gunawan dalam paparannya yang didampingi Kepala Divisi Keimigrasian Said Noviansyah dan pejabat struktural lain di Kanwil Kemenkumham Kaltim.
Langkah tersebut untuk memastikan transparansi dan akuntabilitas dalam layanan publik yang diselenggarakan Kanwil Kemenkumham Kaltim.
Tim penilai dari KI Provinsi Kaltim juga telah melakukan pengecekan dan penilaian terhadap berbagai aspek informasi layanan publik pada media informasi Kanwil Kemenkumham Kaltim.
Hasil penilaian menunjukkan bahwa Kanwil Kemenkumham Kaltim dinyatakan memenuhi standar KIP yang diatur oleh peraturan perundang-undangan.
Pemaparan capaian oleh Kakanwil Kemenkumham Kaltim ini menjadi langkah awal untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik dan keterbukaan informasi di Kanwil Kemenkumham Kaltim.
Komitmen untuk terus berinovasi dan meningkatkan standar pelayanan publik diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat. Terutama dalam memperkuat kepercayaan terhadap lembaga pemerintahan.