
Kukar, Natmed.id – Hari pertama masuk kerja usai libur panjang Idulfitri dimanfaatkan Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara (Sekda Kukar) Sunggono, untuk mengecek langsung kinerja aparatur sipil negara (ASN) di Mal Pelayanan Publik (MPP) di kawasan Kantor Bupati Kukar.
Dalam inspeksi mendadak (sidak) itu, Sunggono mengungkapkan kepuasannya terhadap kesiapan dan pelayanan ASN. Ia menyebut semua layanan berjalan normal dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat sejak pagi hari.
“Saya ingin melihat secara langsung pelayanan publik di hari pertama turun kerja ini. Alhamdulillah semuanya berjalan dengan baik,” ujar Sunggono usai peninjauan di lokasi, Selasa, 8 April 2025.
Dalam kunjungannya, Sunggono meninjau beberapa stan layanan seperti milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), serta kantor Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat).
Ia menjelaskan bahwa sidak tersebut bertujuan ganda. Selain memantau langsung kesiapan layanan kepada publik, juga sebagai ajang silaturahmi dengan ASN setelah masa libur Lebaran.
Sunggono juga menyempatkan diri berinteraksi dengan masyarakat yang sedang mengurus berbagai keperluan administratif, seperti KTP dan perizinan lainnya. Ia menyebut mayoritas warga mengaku puas dengan pelayanan yang diterima.
“Para warga yang hari ini melakukan pengurusan izin-izin baik pembuatan KTP, kemudian urusan SIM dan lain sebagainya. Semuanya menyatakan puas dengan pelayanan kita di hari pertama ini,” jelasnya.
Lebih lanjut, Sunggono berharap standar pelayanan publik yang telah terlihat baik di MPP dapat menjadi cerminan bagi instansi layanan lainnya di Kukar.
Ia menekankan pentingnya kualitas pelayanan di fasilitas umum lain seperti puskesmas dan rumah sakit.
“Mudah-mudahan seperti itu juga potret pelayanan kita di tempat-tempat pelayanan lainnya, baik itu di puskesmas maupun di rumah sakit,” pungkasnya. (Adv)