Reporter: Emmi – Editor: Redaksi
Bontang, Natmed.id – Pelayanan terhadap konsumen menjadi prioritas RSUD Taman Husada Bontang. Demi meningkatkan pelayanan dan kepuasan konsumen, pihak rumah sakit mengirimkan 40 orang perawat mengikuti pelatihan di Balikpapan.
Event garapan CV Moncer ini mengusung tema “Pelatihan Servis Excellent, Komunikasi Efektif, Bekerja Profesional dan Handling Complaint”, kegiatan dilaksanakan di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, pada 8-9 Februari 2020 lalu.
Siti Hajar, Kasi Asuhan Keperawatan, RSUD Taman Husada Bontang mengatakan, kegiatan pelatihan ini peserta diberikan pembelajaran terkait permasalahan yang sering terjadi dalam hal pelayanan terhadap konsumen atau pasien.
“Seperti yang sering dihadapi bagaimana mengatasi komplain saat tugas pelayanan sehari-hari. Misalnya komplain apa saja yang diutarakan, bagaimana menanggapi dan mengatasainya serta bagaimana cara tetap bersikap tenang menghadapi emosional,” ungkapnya kepada awak media, Jumat (6/3/2020)
Lanjutnya, pada akhir pelatihan ini peserta membuat janji suci. Salah satu isinya menyebut jika mereka tidak menepati janji, ada konsekuensi yang mereka dapatkan. Janji suci itu ini akan diposting ke media sosial agar masyarakat dapat melihatnya.
“Ketika mereka ingkar janji, salah satunya konsekuensinya ialah uang jasa mereka dipotong, dan mereka itu harus mengikhlaskan 1 bulan untuk di sumbangkan,” tandasnya.
Ia berharap, usai pelatihan ini peserta dapat mengaplikasikan di tempat kerja. “Semoga kedepannya akan ada anggarannya lagi, sehingga yang belum bisa mengikuti pelatihan dapat kesempatan,” pungkasnya.