National Media Nusantara
Pemkot Samarinda

HUT ke-356, Samarinda Disebut Telah Bertranformasi Jadi Kota Peradaban yang Maju

Kota Samarinda

Samarinda, Natmed.id – Perayaan Hari Jadi ke-356 Kota Samarinda dan HUT ke-64 Pemerintah Kota Samarinda, berlangsung, Minggu (21/1/2024).

Pada momentum istimewa itu, Wali Kota Samarinda Andi Harun mengungkapkan kegembiraannya atas kemajuan dan perkembangan signifikan yang telah diraih oleh Kota Tepian.

Kota Samarinda
Teks: Wali Kota Samarinda Andi Harun

“Setengah abad lalu (Kota Samarinda) hanyalah sebuah kampung besar yang pertumbuhannya didorong oleh kekuatan emas hijau dan emas hitam,” ujarnya.

Namun kini, dalam waktu kurang dari 10 tahun, Kota Samarinda diprediksi akan menjadi metropolitan. Terutama, setelah wilayah Kalimantan Timur (Kaltim) ditetapkan sebagai Ibu Kota Nusantara (IKN).

Salah satu indikator kemajuan adalah peningkatan jumlah penduduk, dari 609.380 jiwa pada 2009 menjadi 823.824 jiwa pada 2023.

Selain itu, Samarinda memiliki peran penting dalam kekuatan ekonomi yang mendorong Kaltim menuju puncak perekonomian nasional. Terutama dalam perdagangan dan jasa.

Andi Harun menyatakan bahwa Samarinda bukan hanya ibu kota tetapi juga menjadi pusat kehidupan dan peradaban di Kaltim.

Ia menekankan transformasi Kota Samarinda menjadi kota peradaban yang maju terwujud melalui pembangunan di berbagai sektor kehidupan.

“Tahun ini Samarinda telah bertransformasi menjadi Kota Peradaban yang berkemajuan. Hal ini diwujudkan melalui pembangunan di setiap sektor kehidupan. Sekarang, saatnya bersinergi menuju Samarinda yang makin maju,” jelasnya.

Lebih lanjut, Andi Harun memberikan gambaran mengenai indikator kemajuan, seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023 yang mencapai 82,6 atau naik dari 80,1 pada 2020.

Tingkat kemiskinan menurun dari 4,9 pada 2021 menjadi 4,8 pada 2023. Indeks Kepuasan Masyarakat stabil di angka 87,8 dengan kategori baik.

Indeks Kualitas Udara meningkat menjadi 85,3 yang menunjukkan peningkatan kualitas lingkungan. Tingkat pengendalian inflasi juga terkendali di angka 3,3, lebih baik dari tahun sebelumnya yang mencapai 4,4 persen.

Menurutnya, dengan persentase perkembangan perekonomian berada di angka 6,5 persen (dari data yang dikeluarkan BI Tahun 2023) menandakan Samarinda terus bertumbuh dengan konsisten.

Dengan demikian, pada momentum peringatan HUT ke-64 Pemkot Samarinda dan HUT ke-356 Kota Samarinda, Andi Harun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bergerak bersama.

Tujuannya, mewujudkan Samarinda yang semakin maju yang salah satunya dengan menjaga kondusifitas Kota Samarinda.

“Kondusifnya Kota Samarinda memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan perekonomian yang telah berjalan baik dan stabil dari tahun ke tahun,” terangnya.

Hal tersebut tentu menjadi support system dan energi positif pada sektor konstruksi, perdagangan, dan jasa, yang banyak dilirik oleh investor.

Dengan keteguhan semangat, Pemkot Samarinda berkomitmen memperbaiki pelayanan masyarakat, menguatkan investasi, dan membangun infrastruktur berkualitas.

Related posts

Ribuan Penonton Padati Gor Sempaja, Bams Tampil Memukau

Intan

Riduansah: Sebanyak 5781 CPNS Lulus Verifikasi Administrasi

natmed

Samarinda Berkeinginan Bangun Skytrain

natmed