National Media Nusantara
Diskominfo Kaltim

Pemprov Kaltim Salurkan Dana Hibah dari APBD-P Senilai Rp25,1 Miliar

Pemprov Kaltim Salurkan Dana Hibah dari APBD-P Senilai Rp25,1 Miliar

Samarinda, Natmed.id – Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Akmal Malik memberikan pengarahan terkait penyaluran dana hibah yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Tahun 2023.

Dana hibah pada pos APBD-P tahun ini sekitar Rp25,1 miliar. Sedangkan dari APBD murni yang telah disalurkan sebanyak Rp41,5 miliar. Dengan demikian, total hibah Pemprov Kaltim pada tahun anggaran 2023 sebesar Rp66,5 miliar.

Akmal Malik menyebut bantuan hibah Pemprov Kaltim disalurkan pada sarana dan prasarana keagamaan, lembaga pendidikan swasta maupun lembaga pendidikan keagamaan di Kaltim.
Ia mengimbau bantuan hibah tersebut dapat digunakan untuk mempermudah pembangunan infrastruktur dalam sektor ketahanan pangan.

“Tadi kami mengimbau dan menyarankan bantuan hibah dibangunkan infrastruktur untuk ketahanan pangan,” jelasnya di Ruang Ruhui Rahayu Lantai I, Kantor Gubernur Kaltim, Selasa (14/11/2023).

Pj Gubernur Kaltim ini berharap, lembaga-lembaga penerima bantuan hibah dapat berkontribusi menciptakan ketahanan pangan. Apalagi, setiap lembaga keagamaan dan pendidikan memiliki lahan yang bisa dioptimalkan untuk kegiatan pangan.

“Jadi, lahan mereka itu percontohan untuk masyarakat nantinya juga untuk melakukan upaya ketahanan pangan,” ungkapnya.

Terkait dengan hibah Pemprov Kaltim dari APBD-P tahun 2023 sebesar Rp25,1 miliar ini disalurkan untuk beberapa lembaga. Pertama, lima lembaga vertikal dibantu dengan total Rp11,3 miliar, enam lembaga keagamaan dibantu dengan total Rp785 juta.

Satu lembaga dibantu Rp150 juta, lima lembaga masyarakat keagamaan dibantu dengan total Rp950 juta, dua lembaga pendidikan dibantu Rp350 juta. Kemudian, untuk 14 lembaga pendidikan keagamaan 14 dibantu Rp2,4 miliar dan 47 rumah ibadah diberi bantuan dana hibah sekitar Rp9,1 miliar.

Related posts

Jelang Pemilu 2024, Pj Gubernur Kaltim Ingatkan ASN Tetap Netral

Laras

Kaltim Menuju Energi Terbarukan 2025

Aminah

Percepat Waktu Tempuh Kaltim-Kalsel, Proyek Bandara Paser Perlu Berlanjut

Laras