National Media Nusantara
Kanwil Hukum dan HAM Kaltim

Gelar Bimtek Penguatan Kehumasan, Kanwil Hukum dan HAM Kaltim Bekali Kemampuan Jurnalistik

Kepala Subbagian Program dan Pelaporan Riandi Tampubolon

Samarinda, Natmed.id – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Hukum dan HAM) Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kehumasan.

Menghadirkan Ketua Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Provinsi Kaltim Mohammad Sukri sebagai narasumber, diskusi santai itu membahas terkait teknik penyusunan judul pemberitaan.

Acara berbertajuk “Peran Kehumasan yang Aktif Dalam Membangun Kesadaran Publik Anti Korupsi dan Anti Gratifikasi”, ini diselenggarakan selama dua hari, mulai dari 26 Oktober sampai 27 Oktober 2023.

Kepala Subbagian Program dan Pelaporan Riandi Tampubolon menyebutkan bahwa kegiatan itu dilatarbelakangi kurangnya sumber daya manusia (SDM) yang memiliki kemampuan jurnalistik.

Tak hanya itu, kemampuan fotografi, videografi, dan desain visual bagi media sosial bagi jajaran di Kanwil Hukum dan HAM Kaltim juga sangat dibutuhkan.

Para jajaran Kanwil Hukum dan HAM Kaltim itu berasal dari beberapa berbagai macam latar pendidikan yang berbeda dan tidak banyak yang berlatar belakang jurnalis.

Diharapkan dengan hadirnya bimtek ini dapat menambah wawasan para jajaran Kanwil Hukum dan HAM Kaltim, sehingga dapat memproduksi secara mandiri berita dan konten media sosial resmi Kanwil Hukum dan HAM Kaltim.

Riandi juga berharap agar para jajaran resmi Kanwil Hukum dan HAM Kaltim mengetahui bagaimana cara dan aturan yang tepat dalam penulisan judul sampai isi berita.

“Kegiatan ini pertama baru dilakukan. Latar belakangnya karena banyak yang bukan jurnalis, tapi dituntut satuan kerja harus buat berita dan buat pemberitaan,” jelasnya, Kamis (26/10/2023).

“Kita mau satukan bahasa berita. Jadi kita mau ini bisa bagaimana penulisannya, judulnya, seperti apa berita itu, konten, foto sama video untuk sosmed kita juga,” tambahnya.

Lebih lanjut, Riandi menyampaikan keinginan jangka panjangnya terhadap hadirnya kegiatan bimtek ini, yaitu dapat bekerja sama antarinstansi terkait dalam hal pemberitaan.

Ia menyebut ingin adanya kerja sama bersama Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Provinsi Kaltim, Infosatu.co, dan Antara News Kaltim.

Kerja sama ini ia harapkan dapat terjalin untuk melihat perkembangan penulisan berita dan pembuatan konten media sosial pihaknya, sehingga dapat menghasilkan berita dan konten yang berkualitas.

“Jangka panjangnya, kita ingin bekerja sama bersama instansi lain, ada BUMN, Diskominfo. Ada koordinasi kemarin kita mau MoU, kita monitoring per bulan perkembangannya, seperti dengan Infosatu, Antara News, info bagaimana penulisan teman-teman, ada catatan atau tidak,” tutupnya.

Related posts

Indonesia Dorong Negara Asia Afrika Menjadi Mitra Dialog Global

Aminah

Kemenkumham Kaltim Terima Penghargaan di Pembukaan Erau Adat Kutai 2024

Alfi

Anggota Polri Aktif, Kini Andap Budhi Revianto Sekjen Kemenkumham Berstatus ASN

Muhammad