National Media Nusantara
DPRD Samarinda

Subandi Berharap Partisipasi Masyarakat Sangat Penting Pada Pemilu 2024

Samarinda,Natmed.id – Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi berharap partisipasi masyarakat sangat penting demi suksesnya Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2024.Hal ini ia sampaikan saat menghadiri acara Sosialisasi Daerah Pemilihan dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Kota Samarinda pada Pemilu Tahun 2024 di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda, Sabtu (25/3/2023).

Wakil Ketua DPRD Kota Samarinda Subandi berharap agar partai politik (parpol) dapat bersaing secara sehat dan tertib baik menjelang pemilu maupun saat pemilu 2024 tiba.

Ia mengingatkan kepada partai politik yang akan maju dalam pemilihan dapat menaati peraturan yang telah KPU tetapkan.

“Saya menyampaikan selamat berjuang. Kita bertarung secara baik tentunya mengikuti aturan yang ditetapkan KPU dengan semua aturannya. Saya yakin teman-teman semua bisa menjalankan dengan tertib,” pesan politisi PKS Itu.

Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu menyampaikan beberapa hasil sebagai kesimpulan materi dalam sosialisasi.

KPU telah menetapkan bahwa saat ini daerah pemilihan (dapil) di Kota Samarinda sama seperti pemilu tahun 2019 lalu, yaitu sejumlah 5 dapil, dan kursi DPRD Kota Samarinda sebanyak 45 kursi.

Santer terdengar di kalangan parpol bahwa dapil akan mengalami penambahan sebanyak 7 dapil. Namun dengan adanya acara sosialisasi ini, KPU menjelaskan tidak terjadi penambahan.

Subandi menjelaskan bahwa tidak terjadinya penambahan dapil karena penduduk di Kota Samarinda kurang dari 1 juta jiwa.

“KPU Samarinda menyampaikan tidak ada lagi dapil wacana, 7 dapil, sekian dapil. Masih sama seperti pemilu tahun 2019,” ujarnya.

“Karena selama ini masih ada simpang siur akan ada penambahan dapil. Semula ada 5 dapil diubah menjadi 6 dapil, 7 dapil, sekian segitu kan. Ternyata hari ini KPU menetapkan bahwa dapil tetap 5, jumlah kursi tetap 45 di DPRD. Karena mengingat jumlah penduduk di Samarinda belum mencapai 1 juta,” tambahnya.

Sebagai seorang politikus dan masyarakat di Kota Samarinda, Subandi mengharapkan pemilu yang akan dilaksanakan pada 14 Februari 2024 mendatang akan berjalan lancar, aman dan tertib.

Ia mengharapkan adanya partisipasi masyarakat untuk turut serta memilih langsung para pemimpin dan wakil rakyat.

Subandi merasa masih kurangnya minat masyarakat berpartisipasi dalam kegiatan politik, padahal hal tersebut merupakan bagian penting bagi Negara Indonesia mendapatkan wakil rakyat yang berkualitas.

“Karena selama ini partisipasi masyarakat turun ke TPS hanya 65% saja, artinya masih sangat banyak yang abai dengan politik,”tandasnya..

Related posts

Subandi Sebut Penerapan Sistem Pajak Online Meningkatkan PAD

Nediawati

Masukan Untuk Pemkot Samarinda Pertanggungjawaban APBD 2022

Arifanza

Subandi Ingatkan Sinergitas Seluruh Pihak Untuk Arus Mudik Aman dan Lancar

Irawati