National Media Nusantara
Kanwil Hukum dan HAM Kaltim

Kemenkumham Kaltim Siap Tingkatkan Layanan Publik Sesuai Arahan Menkumham

Denpasar, Natmed.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Kalimantan Timur (Kakanwil Kemenkumham Kaltim) Gun Gun Gunawan menegaskan komitmennya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di wilayahnya.

Hal ini disampaikannya usai menerima arahan langsung dari Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Supratman Andi Agtas dalam Rapat Koordinasi Kekayaan Intelektual yang digelar di Taman Budaya Werdhi Art Center, Bali, Sabtu (7/9/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Supratman menekankan pentingnya memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebab, pelayanan publik merupakan salah satu tugas utama pejabat dan pegawai Kemenkumham.

“Ayo berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Tolong bantu saya, agar masyarakat puas dengan pelayanan publik Kemenkumham,” ujar Menkumham.

Arahan ini tak hanya berhenti pada permintaan peningkatan kualitas layanan, namun juga penekanan terhadap pentingnya bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Supratman mengingatkan agar seluruh program yang dijalankan pejabat dan pegawai Kemenkumham dilakukan sesuai aturan. “Apapun program yang sedang bapak/ibu jalankan, lakukanlah sesuai aturan yang ada,” tegasnya.

Lebih lanjut, Menkumham juga menyoroti pentingnya kekompakan dalam internal Kemenkumham untuk menjaga sinergi demi memberikan pelayanan yang lebih baik.

“Tugas utama kita adalah melayani. Jadikan pelayanan ini sebagai bentuk pengabdian kita bersama,” tandas Supratman.

Suasana pelayanan yang humanis juga menjadi perhatian Menkumham. Ia menekankan bahwa pegawai Kemenkumham harus memberikan pelayanan dengan senyuman sebagai bentuk ketulusan.

“Senyum itu hal yang penting dalam pelayanan. Melalui senyuman, masyarakat akan lebih merasakan ketulusan layanan yang diberikan,” tambahnya.

Menanggapi arahan ini, Gun Gun Gunawan menyatakan bahwa jajaran Kemenkumham Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara akan mengimplementasikan seluruh pesan Menkumham secara konsisten.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Arahan Menkumham akan kami terapkan sepenuhnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan di semua lini,” ujar Gun Gunawan.

Didampingi Kepala Divisi Yankumham Andi Basmal, Gun Gun Gunawan juga menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Kaltim terus berupaya menghadirkan inovasi layanan yang memudahkan masyarakat. Hal ini termasuk memperkuat aspek digitalisasi dan pelayanan berbasis teknologi.

Arahan dan komitmen ini menjadi langkah penting bagi Kemenkumham Kaltim dalam menghadapi tantangan pelayanan publik yang semakin kompleks. Terutama dalam era keterbukaan informasi dan digitalisasi pelayanan.

Related posts

Tenun Doyo Benuaq Tanjung Isuy Sukses Curi Perhatian Pengunjung Pameran di Jenewa

Intan

WBP Rutan Tanah Grogot Mendapat Perpanjangan Asimilasi Rumah

natmed

Program “Kumham Berbagi” Sumbangkan Donasi Rp158 Juta

Emi