Samarinda, Natmed.id – Narasumber seminar keterampilan dalam pengemasan, Mahli Ahyat menyatakan bahwa desain kemasan yang menarik mampu membangun kepercayaan konsumen terhadap suatu produk.
“Kemasan yang baik akan menarik minat konsumen yang belum kenal dengan produk kita,” katanya dalam seminar bertajuk “Pengemasan Produk yang Baik dan Kreatif Dapat Meningkatkan Hasil Produk Bagi Pemula Usaha Khususnya Anggota Dharma Wanita Persatuan“ di Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Kamis (31/10/2024).
Dalam seminar yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, dan Menengah Kalimantan Timur (Disperindagkop UKM Kaltim), Mahli menyatakan, sebagian besar pelaku usaha mikro dan kecil di Samarinda telah memahami pentingnya kemasan berkualitas.
Meski begitu, edukasi dan pelatihan lebih lanjut tetap diperlukan agar kemampuan pelaku usaha dalam mengemas produk terus meningkat.
Sebagai narasumber yang kerap berbagi ilmu, Mahli juga pernah memberikan materi pengemasan produk di Papua Barat, tepatnya di Kabupaten Kaimana.
Pengalamannya ini memperkuat pemahaman bahwa pelatihan pengemasan produk harus diperluas ke berbagai daerah untuk meningkatkan daya saing produk lokal.
Pakar kemasan dari Prima Top ini menjelaskan, kemasan merupakan material yang berfungsi membungkus, melindungi, dan menjaga produk agar bisa didistribusikan hingga ke tangan konsumen akhir.
Dalam pembahasannya, ia menekankan bahwa desain kemasan tidak hanya mencakup struktur dan bahan. Namun, juga aspek visual seperti tata letak warna dan tulisan yang menjadi faktor penting dalam menarik minat konsumen.
Lebih lanjut, Mahli juga menyinggung pentingnya informasi label halal dan berat bersih yang dicantumkan pada kemasan.
Ia menyarankan pelaku usaha menampilkan label halal, ketika telah mendapatkan izin resmi dari lembaga berwenang.
Di samping itu, Mahli juga memperkenalkan berbagai jenis plastik yang umum digunakan untuk kemasan. Tujuannya, membantu pelaku usaha memilih material yang tepat dan aman untuk produk mereka.