National Media Nusantara
Kalimantan Timur

Kodam VI/Mulawarman Siap Bantu Jaga Keamanan di Kaltim Saat Pilkada 2024

Samarinda, Natmed.id – Kodam VI/Mulawarman turut berkomitmen menjaga keamanan dan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 di Kalimantan Timur (Kaltim).

Pamen Ahli Bidang Sosial Budaya Sahli Pangdam VI/Mulawarman Tjetjep Agoes Budiono mengatakan bahwa keterlibatan Kodam VI/Mulawarman merupakan bagian dari peran utama TNI dalam menjaga stabilitas keamanan wilayah.

Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI Pasal 7 ayat 2b yang mengatur bahwa TNI membantu tugas Pemerintah Daerah dan Polri dalam rangka keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas).

“Kodam Mulawarman siap mendukung penuh tugas pengamanan Pilkada Serentak 2024 dengan menjaga stabilitas keamanan wilayah,“ kata Tjetjep dalam Rapat Koordinasi Ormas bersama Forum Pimpinan Daerah Kaltim, yang berlangsung di Hotel Mercure Samarinda, Selasa (15/10/2024).

“Kami akan bekerja sama erat dengan Polri dan Pemerintah Daerah untuk memastikan pilkada berjalan lancar, aman, dan kondusif,“ lanjutnya mewakili Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Tjetjep menyampaikan Kodam VI/Mulawarman juga akan berperan dalam pengamanan distribusi logistik pilkada. Selain itu, juga mendukung tugas Polri melalui penempatan pasukan di wilayah-wilayah rawan konflik.

Selain itu, pasukan TNI juga akan disiagakan dalam setiap tahapan pilkada. Pasukan siap digerakkan jika sewaktu-waktu dibutuhkan guna mengamankan jalannya pilkada.

Tjetjep menekankan pentingnya netralitas TNI dalam pilkada. Berdasarkan UU Nomor 34 Tahun 2004 Pasal 39, prajurit TNI dilarang terlibat dalam kegiatan politik praktis atau menjadi anggota partai politik.

UU Nomor 7 Tahun 2017 juga menegaskan bahwa anggota TNI tidak memiliki hak untuk memilih dalam pemilu.

Sebagai bagian dari upaya tersebut, Kodam VI/Mulawarman telah menggelar sosialisasi dan menerbitkan buku saku netralitas TNI. Buku itu yang akan dibagikan kepada seluruh prajurit sebagai pedoman.

“Kami berharap sinergi yang kuat antara TNI, Polri, pemerintah daerah, dan masyarakat akan memastikan Pilkada Serentak 2024 berlangsung aman, damai, serta sesuai prinsip LUBER (Langsung, Umum, Bebas, Rahasia) dan Jurdil (Jujur dan Adil),” tutupnya.

Related posts

Malam Syukuran HUT Provinsi, Isran Undang Masyarakat Langsung

natmed

Seno Aji Akan Lihat Asrama Mahasiswa Kukar Yang Ada Samarinda

natmed

PHK Sepihak Terhadap 486 Karyawan Datangi DPRD Kaltim, Manajemen PT Buma Lati Tak Hadir

natmed

Leave a Comment