National Media Nusantara
Pemerintahan

Bukan Sekadar Seremoni, Aksi Bela Negara Bangun Ketahanan Nasional dari Dalam

Bela negara

Samarinda, Natmed.id – Staf Teritorial (Ster) TNI wilayah Kodim 0901/SMD mengadakan kegiatan Aksi Bela Negara Dengan Komponen Bangsa TA 2024 di Gedung Aula Wira Yudha Korem 091/ASN Samarinda, Rabu (13/3/2024).

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan dari Ketua Tim Kolonel Inf Ely H Limbong selaku Perwira Pembantu (Paban) Utama Staf Ahli (Sahli) bidang Intekmil dan Siber Panglima TNI.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya memperkuat alat juang kita dalam menghadapi segala bentuk ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Kolonel Ely.

Menurutnya, bela negara bukan sekadar slogan. Namun, sebagai sikap, tekad, dan perilaku yang dijiwai oleh cinta kepada tanah air.

Hal ini diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 yang menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban untuk ikut serta dalam upaya bela negara.

Menurut Kolonel Ely, aksi nyata itu penting dilakukan terutama dalam konteks sosial dan politik. Apalagi, pesta demokrasi pemilihan presiden dan pemilihan legislatif baru saja berlangsung. Hingga kini, tahapannya masih berjalan.

Terkait aksi bela negara, maka seluruh komponen bangsa penting untuk bersatu dalam menjaga kedaulatan dan kesatuan bangsa.

“Sikap dan karakter sebagai bangsa Indonesia harus kembali menjunjung tinggi nilai persatuan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945,” tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskan, kegiatan bela negara tidak hanya berkaitan dengan latihan kemiliteran atau pertahanan negara. Namun, juga mencakup seluruh aspek kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal ini termasuk dalam hal ideologi, politik, ekonomi, sosial, dan budaya.

“Bela negara adalah tugas yang dilaksanakan dengan baik, bertanggung jawab, dan bermanfaat bagi masyarakat dan negara,” jelas Kolonel Ely.

Ia menekankan beberapa poin penting kepada para peserta. Pertama, tentang pentingnya kesadaran dan komitmen tinggi para peserta untuk meningkatkan wawasan mereka.

Kemudian, mendorong mereka untuk bertanya dan mencari solusi bersama terhadap permasalahan yang dapat memicu perpecahan di masyarakat.

Kegiatan Aksi Bela Negara dengan Komponen Bangsa bukanlah sekadar seremoni. Namun, langkah konkret dalam membangun ketahanan nasional dari dalam.

Dengan memperkuat kesadaran akan pentingnya persatuan dan semangat cinta tanah air, diharapkan Indonesia akan semakin kokoh dalam menghadapi berbagai tantangan di masa depan.

“Mari bersama-sama kita jaga kedaulatan dan kesatuan bangsa demi masa depan yang lebih baik bagi Indonesia,” tandasnya.

Di tengah gejolak tantangan zaman, kegiatan semacam ini menjadi penting untuk memastikan bahwa jiwa bela negara tetap menyala dan menjadi pondasi kokoh bagi bangsa ini.

Related posts

Berharap Kurangi Kemacetan, Jokowi Resmikan Terminal Samarinda Seberang

Irawati

Ombudsman RI akan Pantau Orang Asing dengan Silangsing

Phandu

Gubernur Bantu Ponpes di Tengah Hutan Rp2 Miliar

natmed