National Media Nusantara
Diskominfo Kaltim

Puncak Peringatan Hari Lingkungan Sedunia, KLHP Kenalkan IKN

IKN,Natmed.id – Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengenalkan Ibu Kota Nusantara melalui Puncak Peringatan Hari Lingkungan Sedunia Tahun 2023.

Acara tersebut digelar di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) tepatnya pada Titik Nol. Hal itu dilakukan bukan tanpa alasan, melainkan untuk memperkenalkan serta mempromosikan destinasi wisata di IKN dan kabupaten/kota sekitarnya.

“Bapak Presiden, para Menteri dan jajaran Otorita IKN bekerja keras untuk mengaktualisasikan Ibu Kota Nusantara ini,” ujar Menteri LHK Siti Nurbaya pada Minggu, (11/6/2023)

Penyelenggaraan pemerintahan yang baru di IKN memiliki 3 aspek penting yang harus di perhatikan. Hal ini mencakup pemerintah, pembangunan dan masyarakat.

“Pada bagian ketiga ini kita lakukan hal-hal yang positif. Dan kita sedang terus-menerus melembagakan apa itu IKN, mengajak orang mengenal IKN, salah satunya yaitu gowes atau bersepeda Road to IKN” katanya.

Siti menjelaskan pembangunan IKN juga beriringan dengan pemulihan lingkungan yang terintegrasi dengan pengembangan wisata.

Bersama pihak ketiga, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan juga memperkenalkan beberapa titik wisata selain Titik Nol. Beberapa titik tersebut adalah Alam Bangkirai, pemulihan lahan bekas tambang Goa Batu Tapak Raja, Public Space Area Samboja, Persemaian Mentawir, dan kawasan hutan mangrove.

Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi mewakili Gubernur Kaltim juga ikut serta menghadiri acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan bersama Forkopimda Provinsi Kaltim, Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Hamdam bersama Forkompimda Kabupaten PPU, Deputi Bidang Lingkungan Hidup dan Sumber Daya Alam Otorita IKN Myrna Asnawati Safitri mewakili Kepala Badan Otorita IKN, Kepala BRGM Hartono, Direktur Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Sigit Reliantoro, Kepala Badan Standardisasi dan Instrumen LHK Ary Sudijanto, dan Direktur Eksekutif Yayasan Bambu Lestari Monica Tanuhandaru, serta jajaran direksi PGN, Pertamina, PTFI dan PLN selaku pendukung acara.

Setelah menyelesaikan rangkaian acara Puncak Peringatan Hari Lingkungan Sedunia Tahun 2023, Menteri siti melanjutkan aktivitasnya yaitu melakukan kunjungan kerja untuk meninjau perkembangan dari pembangunan Persemaian Mentawir

Related posts

Pj Gubernur Kaltim Optimis Pendapatan Daerah Terus Meningkat

Intan

Penurunan Emisi Karbon di Kaltim Lebihi Target yang Ditetapkan

Laras

Akmal Malik Dorong Kabupaten/Kota di Kaltim Optimalkan Potensi Pertanian

Laras