National Media Nusantara
Pemkot Samarinda

Persiapan Porprov Kaltim 2026, Samarinda Fokus Pertahankan Juara Umum

Samarinda, Natmed.id – Pekan Olahraga Provinsi Kalimantan Timur (Porprov Kaltim) masih digelar tahun 2026. Namun demikian, Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda mulai mempersiapkan diri menghadapi ajang yang akan dilangsungkan di Kabupaten Paser tersebut.

Salah satu langkah yang dilakukan dengan menggelar Rapat Koordinasi Kota (Raketkot) 2024 di Hotel Puri Senyiur Samarinda, Minggu (22/7/2024).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Samarinda Muslimin mengatakan bahwa nantinya kontingen Kota Tepian memiliki tanggung jawab besar saat berlaga pada Porprov dua tahun mendatang.

Besarnya tanggung jawab itu untuk mempertahankan juara umum pada ajang perlombaan olahraga yang sebelumnya digelar di Kabupeten Berau.

Menurut Muslimin, Rakerkot 2024 yang mengusung tema “Bersama Bersinergi Mempertahankan Prestasi Menuju Babak Kualifikasi Porprov 2025” ini merupakan bagian dari persiapan menghadapi Porprov ke-VIII Kaltim 2026.

Porprov Kaltim merupakan ajang olahraga yang mempertemukan atlet-atlet terbaik dari berbagai kabupaten/ kota di Benua Etam setiap empat tahun.

Event ini menjadi tolok ukur prestasi daerah dalam bidang olahraga dan menjadi batu loncatan bagi para atlet untuk berprestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Terkait dengan mempertahankan gelar juara umum yang sebelumnya diraih Samarinda, Muslimin menekankan pentingnya sinergi antara pemkot, KONI, dan cabang olahraga. Hal ini dalam mempersiapkan diri menuju Porprov Kaltim 2026.

“Persiapan untuk menghadapi Porprov membutuhkan perencanaan matang, latihan intensif, dan dukungan dana yang memadai. Prestasi itu tidak mudah, ibarat membalikkan telapak tangan. Kita perlu persiapan, latihan, konsumsi, dan dana untuk mencapai target,” tambah Muslimin.

Menurutnya, Pemkot Samarinda, melalui Disporapar berkomitmen memberikan perhatian penuh kepada cabang-cabang olahraga. “Pak Wali Kota Andi Harun selalu memberikan perhatian penuh dengan semangat yang tinggi kepada para pengurus dan atlet,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya Samarinda mempertahankan prestasi dan menjadi yang terbaik. “Samarinda itu harus nomor satu, harus menjadi yang terbaik, dan itu kita buktikan dengan menjadi juara umum,” tutup Muslimin.

Related posts

Ribuan Penonton Padati Gor Sempaja, Bams Tampil Memukau

Intan

Andi Harun Bagikan 800 Paket Sembako

Nediawati

Proyek IPA di Perumahan Bumi Sempaja Diharapkan Rampung November 2024

Irawati