National Media Nusantara
Kalimantan Timur

Pemprov Kaltim Tawarkan Kerja Sama ke Polandia

Samarinda,Natmed.id – Pemerintah Provinsi Kaltim, yang diwakili Sekretaris Daerah Sri Wahyuni menerima kunjungan Deputi Head of Mission Embassy of the Republic Polandia Mr Piotr Firlus mewakili Duta Besar Negara Polandia, Rabu(28/12/2022).di ruang kerja Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim.

Sri Wahyuni menyampaikan peluang bisnis dan investasi pada bidang lain yang ada di Kaltim, di antaranya potensi hilirisasi industri yang ada di Kawasan Industri Kariangau, Kawasan Industri Buluminung serta KEK Maloy, termasuk IKN Nusantara.

“Kita juga sampaikan peluang di hilirisasi pada bidang gas, batubara dan CPO (Crude Palm Oil) atau minyak sawit mentah, termasuk kita juga tawarkan industri pariwisata Kaltim karena orang tahunya hanya destinasi wisata Bali, banyak yang belum tahu tentang berbagai potensi di Kaltim,”tuturnya.

“Oleh karena kita akan kirimkan berbagai informasi tentang pariwisata di Kaltim, kemudian ada konservasi orang utan, beruang madu, sampai dengan aktivitas bawah laut. Sehingga nantinya travel-travel atau agen biro perjalanan di Polandia, bisa memperkenalkan potensi-potensi di Kaltim,”sambungnya.

Ia menambahkan, setelah mendapatkan informasi secara lisan, nantinya pihaknya juga akan mengirim data dalam bentuk power point mengenai berbagai informasi potensi yang ada di Kaltim, seperti sektor pariwisata, Kawasan Industri Kariangau, Kawasan Industri Buluminung maupun di Maloy, maupun sektor lainnya.

“Nantinya akan kita share data dan informasi dalam bentuk power point, mengenai destinasi pariwisata Kaltim, Kawasan Industri Kariangau, Kawasan Industri Buluminung maupun di KEK Maloy, termasuk disektor pendidikan, kesehatan, maupun sektor lainnya,”kata Sri Wahyuni.

Sementara itu, Piotr menjelaskan, kunjungan tersebut dengan tujuan untuk menjajaki kerja sama di berbagai bidang seperti sektor energi, lingkungan, perdagangan, pariwisata maupun pendidikan.

“Ini merupakan kunjungan pertama saya ke Provinsi Kalimantan Timur dan saya meyakini terdapat kesempatan kerja sama yang dapat kami jajaki di berbagai bidang, antara lain, sektor energi, lingkungan, perdagangan, kesehatan, pariwisata maupun pendidikan,”kata Piotr.

Ia pun mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada Pemprov Kaltim, terkhusus Sekretaris Daerah Provinsi Kaltim yang telah menerima kunjungan tersebut dengan baik dan berharap semoga hubungan baik itu nantinya bisa terus berlanjut.

Lanjut Piotr, Provinsi Kaltim diakuinya sangat penting bagi Polandia sebagai salah satu Provinsi di Kalimantan yang menyuplai pasokan sumber energi batu bara.

Untuk itu, ia menginginkan kerja sama yang sudah terjalin baik bisa terus berkembang pada berbagai bidang dan sektor lainnya, termasuk industri IT (Information and Technology), salah satunya beasiswa disektor IT.

Related posts

Polda Kaltim dan JMSI Bersinergi Cegah Hoaks Jelang Pilkada 2024

Aminah

Bacakada Diharapkan Lebih dari Sepasang dengan Visi dan Misi Sesuai RPJPD

ericka

Golkar Kaltim Peduli Bagikan 20 Ribu Paket Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19

natmed