National Media Nusantara
Nasional

Luar Biasa, Babel Ternyata Punya Cadangan Zirkon 1.226.268 Ton

Bangka Belitung, Natmed.id – Berdasarkan hasil penelitian Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan), Bangka Belitung (Babel) memiliki bahan baku mineral yang melimpah yakni monazite diperkirakan jumlahnya 180.323 ton, xenotim 21.876 ton, dan zirkon 1.226.268 ton.

Melihat hal tersebut, Direktur Jenderal Mineral dan Batu Bara (Minerba) Kementerian ESDM Ridwan Djamaluddin berharap PT Timah dan PT Berkat Sahabat Jaya (Bersahaja) bisa melakukan kerja sama dalam pengolahan zircon dan titanium.

“Iya bahan baku banyak, tinggal logistik dari PT Timah dengan PT Bersahaja ini agar kapasitasnya bisa termanfaatkan lebih maksimal,” ungkap Ridwan saat melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kawasan Industri Baturusa, Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Jumat (11/2/2022).

Dalam rangka mempercepat proses titanium slag, Kementerian ESDM akan membantu berkoordinasi dengan pihak surveyor.

“Mereka membangun smelter titanium slag itu proses dengan surveyor akan kami bantu percepat, supaya di satu sisi memang material yang diolah itu sudah sesuai dengan analisis labnya,” jelas Ridwan

Peningkatan nilai tambah hasil tambang mineral melalui program hilirisasi dinilai masih memerlukan perhatian lebih. Kapasitas hilirisasi yang masih rendah di dalam negeri membuat peningkatan nilai tambah menjadi kurang optimal.

“Kita ingin bisa lebih cepat, supaya arahan pemerintah hilirisasi dapat dilaksanakan dengan lebih baik,” tutup Ridwan.

Related posts

Meski Covid-19, KPK Lakukan Penahanan Tersangka STR, Dugaan Korupsi Alih Fungsi Hutan

natmed

Jokowi Minta Tarif PCR Dipangkas

Aditya Lesmana

BSU Kemnaker Segera Disalurkan

Aditya Lesmana