National Media Nusantara
DKP3 BONTANGPemerintahan

Demi Benih Unggul, BBI Tanjung Laut Bangun Laboratorium Air dan Renovasi Sarpras

Reporter: Emmi – Editor: Redaksi

Bontang, Natmed.id – Kepala Bidang Perikanan, Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian (DKP3) Syamsu Wardi mengungkapkan bahwa Balai Benih Ikan yang berada di Tanjung Laut sebagai perpanjangan tangan dari DKP3 Bontang.

“BBI itu menjalankan fungsi dinas. Salah satu fungsinya yakni menjamin ketersediaan benih khususnya pada ikan, udang untuk pembudidayaan,” ungkap Wardi saat ditemui di Kedai Pesisir TPl, Rabu (28/10/2020).

Dijelaskan Wardi bahwa penyesuaian BBI mengarah pada tujuan yakni menyediakan benih-benih yang baik dan unggul untuk dibudidayakan di Kota Taman.

“Jadi memang orientasinya masih Kota Bontang. Harapannya dapat dikembangkan untuk pemasaran ke daerah lain,” harapnya.

Namun menurut Wardi, sebelum dikembangkan lebih jauh hal yang paling utama dilakukan yakni membenahi sarana prasana (sarpras) BBI.

“Untuk tahun 2020, kami banyak melakukan renovasi dan rehabilitasi bangunan di BBI. Seperti bak penggelondongan ikan, bak pembenihan, bak induk, dan beberapa pembangunan untuk mendukung pembenihan,” paparnya.

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini di BBI Tanjung Laut dibangun laboratorium khusus yakni laboratorium air.

“Termasuk membangun laboratorium khusus untuk laboratorium air. Karena kita tahu ketersediaan kualitas air yang baik akan mendukung proses pembenihan,” terangnya.

Ia berharap dengan berbagai pembenahan dan kelengkapan fasilitas di BBI Tanjung Laut merupakan awal tujuan dari BBI yakni pembenihan dan pembudidayaan ikan dan udang.

Related posts

Cara Mencegah Covid-19 Tetap Menjaga Prokes

Aditya Lesmana

Di Bontang, Tidak Bisa Menikah di Hari Sabtu dan Minggu

natmed

Gula Pasir Mengalami Penurunan Harga Sebelum Masuk Bulan Ramadan

natmed

Leave a Comment