National Media Nusantara
Kanwil Hukum dan HAM Kaltim

Kemenkumham Kaltim Borong Penghargaan Bergengsi di Paralegal Justice Award 2024

Jakarta, Natmed.id – Sebagai bagian dari momen peringatan Hari Lahir Pancasila, Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kalimantan Timur (Kaltim) telah menorehkan prestasi bergengsi di Anugerah Paralegal Justice Award 2024.

Acara yang diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (1/6/2024) menjadi ajang penghargaan bagi kepala desa atau lurah yang berperan penting dalam menyelesaikan sengketa di wilayahnya.

Penghargaan ini menjadi bukti konkret komitmen dan dedikasi Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim dalam mendukung upaya penyelesaian sengketa non-litigasi serta mempromosikan keadilan di tingkat lokal. Keberhasilan ini tidak hanya memperkuat peran para kepala desa dan lurah, tetapi juga mendorong kesadaran hukum di masyarakat.

Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Widodo Ekatjahjana, mengapresiasi panitia seleksi daerah di tingkat kabupaten/kota dan provinsi atas dedikasi mereka dalam mendukung proses seleksi Paralegal Justice Award 2024.

Ia menekankan pentingnya kerja sama antara Kantor Wilayah Kemenkumham, Pemerintah Daerah, dan Pengadilan dalam kesuksesan acara ini.

Perwakilan dari Kantor Wilayah Kemenkumham Kaltim berhasil menyabet 6 penghargaan dalam kategori Non Litigation Peacemaker.

Salah satu penerima penghargaan, Lurah Kelurahan Prapatan Kota Balikpapan Reza Dipa Pradeka, bahkan berhasil meraih posisi top 10 Paralegal Justice Award serta memenangkan kategori favorit publik dengan voter terbanyak, bersama dengan Kepala Desa Batuah Kabupaten Kutai Kartanegara Abdul Rasyid.

Anugerah Paralegal Justice Award bukan sekadar penghargaan, tetapi juga simbol komitmen para pemimpin lokal dalam menciptakan lingkungan yang damai, aman, dan tertib.

Dengan adanya acara ini, diharapkan para kepala desa dan lurah semakin termotivasi untuk aktif dalam memperjuangkan ketertiban dan kesadaran hukum di tengah masyarakat.

Keberhasilan yang diraih oleh perwakilan Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara dalam acara ini adalah bukti nyata bahwa komunitas tersebut memiliki dedikasi yang tinggi dalam menciptakan masyarakat yang harmonis dan berkeadilan.

Acara ini menjadi momentum penting untuk memberikan penghargaan kepada mereka yang telah berperan aktif dalam membangun fondasi keadilan di wilayahnya.

Related posts

Kakanwil Gun Gun Cek Blok Hunian Tahanan Kelas IIA Tarakan

Aminah

Tiga UPT Kemenkumham Kaltim Raih Predikat WBK dan Pelayanan Prima

Aminah

Siapkan Penilaian Peduli HAM di Daerah, Kemenkumham Kaltim Gelar Rakor

Irawati