National Media Nusantara
Tokoh

Ikamba Kaltim Gelar Seminar Pola Asuh Anak Generasi Z di Era Digital

Samarinda,Natmed.id – Ikatan Keluarga Manggarai Barat (Ikamba) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menggelar seminar parenting dengan tema perempuan cerdas generasi tangguh. Sosialisasi diberikan kepada orang tua anggota Ikamba Kaltim. Acara digelar di Hotel Grand Kartika Jalan KH Halid Kota Samarinda, (10/12/2022) Sabtu, malam.

Ketua Ikamba Kaltim Paulinus Dugis pada kesempatan tersebut mengatakan kegiatan seminar parenting tersebut merupakan salah satu program kerja dari Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Ikamba Kaltim.

Paulinus sapaan akrabnya menyampaikan, kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk aktualisasi peran Ikamba Kaltim untuk melakukan pembangunan di setiap sektor kehidupan masyarakat terkhusus peran perempuan.

“Ya, ini merupakan pelaksanaan program kerja dari pada bidang pemberdayaan perempuan,” kata dia.

Kemudian, Kordinator Bidang Pemberdayaan Perempuan dan Anak Ikamba Kaltim, Sisilia Siti menerangkan kegiatan seminar parenting tersebut bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap orang tua dalam melakukan pola asuh anak generasi Z dalam era digital. Acara menghadirkan psikolog, Fransisca Debi Oktavia.

Sisilia sapaan akrabnya menyampaikan kemampuan serta pengetahuan orang tua terhadap pola asuh merupakan hal yang penting guna membentuk karakter anak yang berkualitas, sehat dan bermoral di masa perkembangan teknologi dan informasi.

“Di tengah era digitalisasi, perlu memberikan pemahaman kepada orang tua agar dapat beradaptasi melakukan pembentukan karakter anak mengikuti perkembangan lingkungan, budaya, dan sosial saat ini,” kata dia

Sebut Sisilia, perkembangan teknologi dan informasi menempatkan anak kita pada budaya gemar menggunakan gadget. Oleh sebab itu adaptasi pola asuh orang tua untuk mengawasi anak, sebagai langkah memaksimalkan dampak positif dan mengurangi dampak negatif dari teknologi, terhadap tumbuh kembang anak.

Menurutnya, kedekatan emosional orang tua dan anak juga menjadi salah satu domain penting dalam pola asuh tersebut dalam rangka mengembangkan keterikatan dan hubungan yang bahagia antara orang tua dan anak.

Related posts

HPN Minta Kepala Otorita Dipimpin Putra Daerah

Febiana

TRC PPA Kaltim Berikan Penghargaan Untuk Jum Agus

Aditya Lesmana

Babe Benyamin Ikut Membangun Kesadaran Berbangsa

Febiana