Artikel ini telah dilihat : 141 kali.
oleh

Lima Tahun Menunggu, SMPN 7 Bontang Selatan Akan Direlokasi Tahun Ini

Reporter: Emmi – Editor: Redaksi

Bontang, Natmed.id – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 7 Bontang Selatan rencananya akan direlokasi ke kawasan Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara.

 

Hal tersebut diungkapkan Anggota Komisi l DPRD Bontang Abdul Haris usai melakukan peninjauan sarana dan prasarana yang ada di SMPN 7 Bontang Selatan, Selasa (12/1/2021).

Ia memaparkan ada beberapa permasalahan yang dialami pihak SMPN 7 Bontang Selatan yakni ruang belajar yang tidak sesuai dengan rombongan belajar, kemudian lahan yang kurang luas sehingga tidak dapat melakukan pembangunan pada area sekolah.

“Ternyata, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang sudah merencanakan untuk merelokasi pembangunannya 24 rombongan belajar, lengkap dengan musala, prasarana dan sarana olahraga lainnya,” jelasnya.

Lebih jauh politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menyatakan relokasi akan dilakukan pada tahun 2021.

“Insyaallah tahun 2021. Kalau untuk rencana tahun ini satu blok dulu pembangunanya dengan menggunakan anggaran dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Disdikbud Bontang, Akhmad Suharto memberikan keterangan yang sama dengan Abdul Haris terkait kendala yang dialami SMPN 7 Bontang Selatan.

“Di Bontang, sekolah yang paling sempit ya di SMPN 7 Bontang Selatan. Mau olahraga susah, kegiatan susah, mau nambah bangunan juga susah,” ucapnya.

Kata dia, pihak sekolah mengalami keterbatasan dalam kegiatan-kegiatan yang ingin dilaksanakan, sehingga solusinya yakni dengan melakukan relokasi.

“Mereka sangat terbatas jika ingin melakukan kegiatan-kegiatan, kemudian susah dikembangkan sebab sudah banyak bangunan dan tidak beraturan,” paparnya.

Ia menyebutkan untuk lokasi baru luas lahan tersedia sekitar 1,3 hektar. Saat ini telah menyusun perencanaan masterplan.

“Biasanya kan ruang kepala sekolah dengan beberapa ruang kelas,” pungkasnya.

Di lokasi yang sama, Kepala SMPN 7 Bontang Selatan berharap perencanaan relokasi tersebut segera diwujudkan lantaran pihaknya sudah lima tahun menyampaikan keluhan terkait keadaan sekolah tersebut.

“Sudah lima tahun yang lalu kita mengusulkan relokasi, dan tahun ini baru ada signalnya. Mudah-mudahan ada anggaran secepatnya agar segera direalisasikan. Harapannya lebih cepat lebih baik,” tandasnya.

Komentar

News Feed