Artikel ini telah dilihat : 209 kali.
by

Dana Pengamanan Rp5,7 Miliar, Polres Bontang Siap Amankan Pilkada 2020

Reporter: Emmi – Editor: Redaksi

Bontang, Natmed.id – Jelang pemilihan kepada daerah (pilkada) Kota Bontang persiapan pengamanan mulai dimatangkan. Termasuk urusan anggaran pengamanan pilkada. Untuk Kota Bontang, anggaran pengamanan pilkada yang disiapkan mencapai Rp5 miliar.

“Anggaran pilkada sesuai Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang sudah ditandatangani oleh Pemkot Bontang, Polres Bontang menerima dana hibah sebesar Rp4,5 miliar,” kata Kapolres Bontang AKBP Boyke Karel Wattimena di ruang kerjanya, Senin, (27/7/2020).

Karena wilayah kerja Polres Bontang juga mencakup daerah Marangkayu dan Muara Badak, Pemda Kukar juga mengucurkan dana pengamanan sekitar Rp1,2 miliar. Sehingga total dana pengamanan Pilkada 2020 untuk Polres Bontang mencapai Rp5,7 miliar.

Boyke menjelaskan, sebelumnya mereka mengajukan anggaran untuk pengamanan pilkada 2020 sekitar Rp6 miliar kepada Pemkot Bontang.

“Tapi kembali kita melihat kemampuan keuangan daerah,” sebut Kapolres.

Lanjutnya bahwa pengajuan dana tersebut juga sudah melalui inventarisasi dari pihak polres dan pemkot, sesuai dengan rincian-rincian yang telah diajukan.

“Prioritas kami untuk tugas-tugas yang sangat diperlukan pada saat pengamanan pilkada,” terangnya.

Selain itu, anggaran tersebut juga diperuntukkan bagi personel polisi yang akan melakukan pengamanan selama tahapan-tahapan pilkada.

“Anggota-anggota yang melakukan monitoring itu perlu kita biayai, misalnya uang makan atau uang saku mereka,” jelasnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bontang mengatakan, Bahwa anggaran penyelenggaraan dan pengawalan Pilkada Bontang sudah aman. Realisasi anggaran sudah 100 persen.

“Untuk pengamanan saja yang masih 72 persen realisasinya. Untuk KPU dan Bawaslu sudah 100 persen realisasinya,” pungkasnya.

Comment

News Feed